Tuesday 30 June 2015

Manfaat Blog atau Web untuk bisnis online

Perkembangan sosial media beberapa tahun belakangan sangat pesat dan gencar. Facebook, twitter, pinterest, path dan beberapa lainnya menjelma menjadi rutinitas yang menjadi gaya hidup bagi orang banyak. Banyak dari kita memanfaatkannya untuk sarana berkomunikasi, mencari teman, dan berbisnis. Dalam hal berbisnis online, peran sosial media ibarat seorang sales promotion yang menari-nari menawarkan barang dagangannya.

Ditengah perkembangannya itu, ada pula beberapa sosial media yang tumbang atau kehilangan popularitasnya, contoh: Multiply yang sudah gulung tikar. Bayangkan nasib pebisnis online yang menggunakan multiply sebagai senjata promosi mereka. Kehilangan pelanggan sudah pasti dan membutuhkan edukasi lagi untuk berpindah ke sebuah sosial media baru untuk berpijak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, disinilah pentingnya sebuah website atau blog sebagai benteng bagi sebuah bisnis online. Web ibarat sebuah kantor pusat dan perlakuannya bisa seperti aset kita. Beberapa fungsi web yang bisa kita maksimalkan adalah sebagai berikut:


  1. Tempat berbagi informasi lengkap untuk bisnis, berikan informasi detil dan biasakan arahkan pelanggan ke web untuk mendapatkan jawaban dari apa yang mereka tanyakan.
  2. Sebagai backup ketika sosial media yang kita andalkan untuk berdagang runtuh popularitasnya bahkan gulung tikar.
  3. Menuangkan ide dan gagasan yang bisa mengedukasi pelanggan.
  4. Web atau Blog yang secara SEO sudah mantap akan menjadi senjata tersendiri untuk menarik pelanggan.
  5. Menjadi sumber penghasilan lain dengan berbagai metode komersial seperti PPC, PPS, PPL dan lainnya.
Masih banyak fungsi lainnya yang tidak dijabarkan disini, semoga beberapa poin tadi bermanfaat bagi teman-teman.

Salam

Rockuntan

No comments:

Post a Comment