Sunday 10 May 2015

Agar Pelanggan Setia

Dalam sebuah usaha, penjualan bisa dikatakan sebagai ujung tombaknya. Banyak pebisnis-pebisnis baru hanyak fokus pada mencari pelanggan baru. Mereka gencar melakukan promosi sana sini untuk menebar jala mencari pendapatan baru. Banyak yang terlupa untuk mengelola database pelanggan yang sudah ada dan terbukti sudah pernah membeli.

Padahal jika database pelanggan lama dikelola dengan baik, kemungkinan pembelian ulang akan semakin besar. Berikut cara untuk menjaga kepuasan pelanggan agar mereka selalu setia dengan produk kita:

  1. Harus meluangkan waktu untuk follow up pelanggan lama. Caranya adalah mencatat informasi penjualan secara detil dari mulai nama, no telp/pin bb/whatsapp.
  2. Membuat penawaran baru yang menarik, ini bisa dilakukan dengan model bundling produk dengan paket diskon yang fantastis.
  3. Pelanggan yang loyal diberi perlakuakuan spesial. Bisa dengan harga yang lebih murah atau bisa juga dengan gratis ongkos kirim.
  4. Jadikan pelanggan lama sebagai teman, trik ini bisa dilakukan dengan diskusi hangat untuk meminta sarannya atas produk kita. Dengan begitu mereka merasa dihargai dan emosinya akan terbentuk.
Dengan langkah-langkah tersebut diatas, maka secara alamiah kedekatan dengan konsumen akan sangat terbangun. Kredibilitas kita sebagai penjual juga akan lebih kuat.

Salam 
Rockuntan

No comments:

Post a Comment