Friday 15 May 2015

Red Ocean


Red Ocean adalah sebuah istilah dalam pemasaran yang berarti sudah babak belur dan berdarah-darah. Meskipun terdengar sangat mengerikan namun tak akan habis pemain yang tetap masuk ke kategori pasar seperti ini. Yang membuat para penjual tetap bertarung di pasar ini adalah marketnya yang sangat luas, umum dan selalu ada.

Ketika pasar yang luas itu selalu ada, otomatis membuat para penjual berbondong-bondong masuk dan akibarnya persaingan semakin ketat. Inilah kenapa red ocean dimaknai dengan babak belur. Ciri khas dari red ocean ini adalah permintaan konsumen yang tinggi, contoh toko sembako, pulsa, dll. Bersaing ketat dengan para kompetitor mau tak mau dilakukan. Kebiasaan perang harga sudah lazim terjadi disini. Banyak dari mereka yang melakukan diferensiasi dari pelayanan kepada konsumennya.

Lantas, apa yang harus kita lakukan?

Tak ada salahnya masuk ke Red Ocean, karena sisi positifnya adalah produk sudah banyak dikenal orang dan permintaannya tinggi. Untuk membangun sebuah pondasi bisnis menekuni red ocean juga bagus karena berpotensi mengahasilkan cash flow yang cepat artinya walau margin tipis tapi perputarannya cepat.

salam
Rockuntan

No comments:

Post a Comment