Friday 1 May 2015

Palang Pintu sebuah tradisi unik ala betawi

                                                sumber foto: ady-conan.blogspot.com

Dalam tradisi adat pernikahan ala betawi ada sebuah tradisi unik yang disebut dengan istilah "palang pintu". Dimana para jawara seolah berkelahi ketika sang mempelai pria memasuki area wanita. Sebelum mereka berkelahi biasanya ada perdebatan khas logat betawi yang kental dan dibumbui dengan saling lempar pantun.

Palang Pintu, terdiri dari dua kata yaitu palang dan pintu. Palang adalah sebuah penghalang, pintu adalah jalur masuk yang sah, kenapa sah, karena kalau lewat jendela ya maling donk :D. Lalu kenapa orang mau nikah harus ada ribut-ribut dari para jawara? untuk menunjukkan keseriusan si cowok untuk melanjutkan jenjang pernikahan, maka pihak cowok harus bisa menaklukan jawara yang mewakili cewek, hohoo ada ada saja yah, yah namanya juga kultur.

Di masa sekarang, walaupun resepsi pernikahan sudah banyak dilaksanakan di aula, gedung atau tempat selain rumah, tetapi tetap saja pertunjukan palang pintu ini masih sering dijumpai. Kultur unik ini selalu menarik perhatian para tamu karena ada unsur pantut jenaka didalamnya yang membuat tawa terbahak-bahak

Nah, bagi kalian yang berasal dari suku betawi, tak ada salahnya saat pernikahan mempertimbangkan adanya palang pintu ini. Selain menghibur, akan berarti juga untuk menjaga kelestarian adat Indonesia khususnya betawi.


-rockuntan-


No comments:

Post a Comment